7 kecerdasan utama

oleh : Edisuyatno ,(Pengurus PGRI Jatim)

Beberapa minggu lalu saya membaca tulisan  di jurnal Surabaya tentang bermacam- macam kecerdasan, yang ditulis oleh Ibu TH. Suryanti ( Guru SMAN Negeri 21 Surabaya).  Disana ditulis bahwa sang juara kelas ketika di sekolah belum menjamin dalam kehidupannya kelak.   Mengapa ? Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab ; antara lain  di sekolah kurang mengembangkan  berbagai jenis kecerdasan secara seimbang . Bahkan disimpulkan saja ketika  mereka pandai pelajaran matematika, dianggapnya di sebagai anak yang cerdas, walau dia tidak mempunyai kemampuaan berkomunikasi.atau banya penyebab lainnya.

Sebenarnya sekolah dituntut, untuk mengembangkan kecerdasan yang ada pada anak didik. Kecerdasan yang ada pada anak dan manusia pada umumnya ada bermacam- macam dan dapat dikelompokkan menjadi 7macam kecerdasan :

1. Kecerdasan verbal -linguistik

Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa, membaca dan menulis.   Seorang dengan kecerdasan verbal yang tinggi, tidak hanya pandai berbahasa, tetapi pandai menceritakan kisah, berdebat, berdiskusi dll.

2. Kecerdasan logical- matematik

adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan menangani perhitunngan, berfikir ilmiah, berhubungan dengan angka , serta menghubungkan dengan informasi yang terpisah

3. Kecerdasan  visual- spasial,

Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan seni visual seperti melukis, menggambar, memahat, selain itu juga kemampuan navigasi, peta, arsitek. Seorang dengan kemampuan ini memiliki kekuatan persepsi yang besar.

4. Kecerdasan ritme- musikal

Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan  tentang pola irama, nada dan peta dan bunyi- bunyian.Kekuatan musik, irama, suara dan getaran yang menggeser  pikiran, memberi ilham pengabdian religius dan pengungkapan kasih sayang.

5.Kecerdasan kinestik tubuh.

Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan keampuan menggunakann tubuh untuk mengeksspresikan perasaan atau disebut dengannbahasa tubuh. ( body language ). Kecerdasan ini berhubungan  dengan menari, olah raga serta ketrampilan mengendarai kendaraan.

6. Kecerdasan interpersonal.

Adalah kecerdasan dengan ketrampilan  untuk  bekerjasama , untuk berkomunikasi  dengan baik secara verbal maupun non verbal. Dengan kecerdasan ini, seseorang biasanya mampu  membaca suasana hati, perangai dan tujuan yang nada pada orang lain. Orang  ini biasanya mempunyai empati yang tinggi.

7. Kecerdasan intrapersonal.

Adalah kecerdasan yang   berhubungan dengan refleksi, kesadaran dan kontrol emosi dan kesadaran rohani. Dengan kecerdasan ini biasanya adalah para pemikir, psikiater,, penasihat  rohani.

Suatu keharusan setiap insan pendidik, untuk mengembangkan seluruh potensi kecerdasan yang ada pada peserta didik, sehingga  kelak  menjadi dirinya sendiri yang  dapat bertaanggung jawab untuk mengembangkannya.

sumber: sebagian besar dari tulisan TH Suryanti, di Jurnal Surabaya tahun2010 dan   dari May Lwin dkk ”  Cara mengembangkan berbagai komponen ” kecerdasan” penerbit  PT Indeks, 2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters
%d bloggers like this: