METODE PEMBELAJARAN TGT

METODE : TEAM GAMES TOURNAMENT ( TGT )

OLEH  : EDY SUYATNO

Metode pembelajaran kooperatif yang efektif antara lain adalah :’ Team Games Tournament (TGT ) . Team Games Tournament adalah satu tipe atau model pembelajaran yang mudah diterapkan, melibatkan seluruh siswa tanpa membedakan statys, latar belakang  siswa. Melibatkan siswa yang lebih mampu sebagai tutor sebaya; dan mengandung unsur permainan.

Pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok- kelompok belajar yang beranggotakan 5  sampai 6 orang siswa; bebas menentukan anggota kelompoknya, tidak membedakan, jenis kelamin dan suku atau ras .

Guru memberikan materi, kemudian memberikanya LKS pada setiap kelompok. Tugas yang diberikan, dikerjakan bersama- sama dengan anggota kelompoknya. Apabila ada anggota kelompok yang mengerti atas tugas yang diterima, maka anggota kelompok yang lain bertanggung jawab untuk menerangkan, memberikan jawaban, sehingga benar benar  menjadi jelas dan mengerti.;  sebelum kelompok itu menanyakan kepada sang guru.

Akhirnya untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah mengusai materi pelajaran,  maka seluruh siswa akan diberikan permainan akademik.    Dalam permainan akademik  siswa akan dibagi- dalam meja-meja  turnamen,  dimana setiap meja turnamen terdiri dari 5 – 6 orang yang merupakan wakil dari kelompok masing-masing

Dalam setiap meja  permainan diusahakan agar tidak ada peserta yang berasal dari kelompok yang sama.  Kelompok baru ini diusahakan kemampuan siswa yang homogen dari sisi kemampuan akademiknya. Artinya dalam satu meja turnamen mempunyai kemampuan akademik yang setara.

Dalam permainan, diawali dengan penjelasan aturan permainan,  setelah itu permainan ini dawali dengan membagikan kartu-kartu  soal untuk bermain  ( kartu soal dan kunci ditaruh terbalik di atas meja sehingga soal dan kunci tidak terbaca )

Permainan pada tiap meja turnamen dilakukan dengan aturan sebagai berikut: – pada awal: Setiap pemain dalam tiap meja menentukan dulu pembaca soal.       Pemain yang pertama dengan cara undian. mengambil kartu undian berisi nomor soal dan diberikan kepada pembaca soal., untuk dibacakannya.  Selanjutnya soal dikerjakan  secara mandiri oleh pemain dan penantang , sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam soal.   Setelah waktu habis, maka pemain akan membacakan hasil pekerjaannya yang ditanggapi oleh penantang searah jarum jam.    Setelah itu pembaca  akan membuka kunci jawaban dan skor hanya diberikan kepada pemainyang menjawab benar .  atau penantang yang pertama kali memberikan jawababn yang benar.

Jika semua pemain menjawab salah, maka kartu dibiarkan saja,. Permainan dilanjutkan pada kartu berikutnya, sampai kartu soal habis dibacakan, dimana posisi pemain diputar arah jarum jam agar setiap peserta  dalam satu turnamen dapat berperan sebagai  pembaca soal, pemain dan penantang. Disini permainan  berlanjut sampai masing -masing berperan  sebagai pembaca soal, pemin dan penantang.

Dalam permaian ini pembaca soal hanya  bertugas membaca soal dan membaca kunci jawaban. tidak boleh menjawab. Setelah semua kartu soal  semua terjawab,, setiap pemain dalam satu meja  menghitung  jumlah kartu yang diperoleh dan menentukan berapa poin yang diperoleh berdasarkan tabel yang disediakan

Selanjutnya setiap pemain kembali kepada kelompok asalnya dan melaporkan poin yang diperoleh kepada ketua kelompok.     Ketua kelompok memasukkan poin yang diperoleh anggota kelompoknya pada tabel  yang disediakan.   Kemudian menentukan kreteria penghargaan yang diterima oleh kelompoknya.

Untuk memperoleh penghargaan kelompok, didasarkan hitungan  perolehan masing masing anggota  kelompok, kemudian diambil rata-rata skor kelompok.

Dalam TGT  ada beberapa tahapan yang perlu ditempuh, yaitu :

1. mengajar ( teach )

2. belajar kelompok ( team study )

3. permainan ( game tournament )

4. penghargaan kelompok ( team recoqnition )

4 mei 2011.  nanti diuraikan lebih lanjut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters
%d bloggers like this: