PENDIDIKAN BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP ( TULISAN 2 )

LIFE SKILL EDUCATION untuk  SD //MI

oleh: EDY SUYATNO

Prisip pelaksanan             Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup(PBKH ) adalah                tidak harus mengubah kurikulum.sehingga  mata pelajaran yang ada pada kurikulum yang berlaku.  Yang diperlukan adalah ” mensiasati” proses pendidikan dan pembelajarannya  agar bergeser dari orientasi kepada matapelajaran menjadi orientasi kepada kecakapan hidup.

Maka pola pelaksanaan di SD/MI    pada dasarnya dilakukan melalui empat cara, yaitu :  (a) reorientasi pembelajaran,  (b) pengembangan budaya sekolah agar lebih kondusif,     (c) pengembangan manajeman sekolah dan  (d) hubungan sinergis dengan masyarakat.

a. Reorientasi pembelajaran

Pada reorientasi pembelajaran yang diperlukan adalah mensiasati kurikulum, khususnya “menginterasikan” PBKH dalam mata pelajaran. Misalkan pelajaran Bahasa Indonesia membahas ‘prosa’.  Kecakapan hidup yang cocok  dan perlu mungkin kecakapan  menggali dan mengolah informasi, kecakapan kerjasama melalui  kerja kelompok.

PrinsipPBKH berorientasi pada hidup keseharian . Oleh karena itu pelaksanaannya harus selalu diaplikasikan dalam konteks kehidupan keseharian anak didik. Dengan demikian pelaksanaan PBKH dapat menerapkan prnisip-prinsip pendidikan kontestual.   Salah satu prinsip pendidikan konstektual adalah bahwa setiap pelajaran harus dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari hari, sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah.  Dengan cara ini  siswa juga akan memahami manfaat apa yang sedang dipelajarinya. sehingga akan mendorong tumbuhnya motivasi belajar mereka.

Reorientasi pembelajaran menuju kecakapan hidup mengandung konskuensi pada evaluasi hasil belajar. Soal evaluasi dengan satu jawaban benar ( konvergen ) seperti, soal pilihan ganda, pilih jawaban yang tepat, mengisi  titik-titik,   sudah tidak memadai.   Dalam PBKH diperlukan pola evaluasi dengan jawaban divergen.   Soa- soal ujian/  ulangan sebaiknya mengacu pada pemecahan masalah ( problem based ) yang divergen dan mencakup juga uji kinerja ( performence test ).   Uji kinerja  disini, diartikan evaluasi dalam bentuk kerja., termasuk perilaku keseharian dan bukan hanya ujian tulis.   Kejujuran atau disiplin lebih tepat dievaluasi dengan tes perbuatan

b. Pengembangan  budaya sekolah

Proses pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah , di luar kelas. di keluarga bahkan di mayarakat. Pelaksanaan  PBKH tidak dapat hanya  dibebankan kepada guru  dan  Kepala Sekolah namun perlu dukungan ” perubahan budaya sekolah “, sehingga tercipta prinsip : belajar bukan untuk sekolah. tetapi belajar untuk hidup.    Belajar bukan untuk ujian,          tetapi untuk memecahkan problema kehidupan.

Melalui pengembangan budaya sekolah, terdapat tiga hal yang perlu dikembangkan; yaitu : pengembangan disiplin diri, dan rasa tanggung jawab      pengembangan motivasi belajar,       serta pengembangan  rasa kebersaman.

c. Manajemen sekolah 

Dengan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ( MPMBS ), sekolah mempunyai wewenang mensiasati/ menyusun  kurikulum yang berlaku ( KTSP ) agar sesuai dengan kondisi sekolah, termasuk tuntutan  adanya pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup.

Oleh karena itulah aspek manajemen sekolah perlu mendapat perhatian terutama penyamaan antar warga sekolah, sehingga perwujudan PBKH menjadi salah satu bagian visi sekolah.

d. Hubungan sinergi antara sekolah dan masyarakat. 

Hubungan sinergisdalam arti saling bekerjasama dan saling mendukung  antara orang tua dan pihak sekolah, bersama menentukan arah pendidikan bagi anak didik dan kemudian memikirkan bagaimana dapat mencapai arah tersebut sebara maksimal.  Pelibatan orang tua dalam menyusun kebijakan pendidikan di sekolah diharapkan dapat menumbuhkan ”  rasa memiliki” terhadap program program sekolah,         yang pada gilirannya mendorong mereka  mendukung dalamberpartisipasi dan mendapatkan fasilitas guna pelaksanaan program sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters
%d bloggers like this: