EDY SUYATNO: KOMENTAR SAYA TENTANG KURIKULUM 2013

KOMENTAR SAYA TENTANG  KURIKULUM 2013

OLEH : EDY SUYATNO

Memperhatikan draft uji coba kurikulum 2013, saya sebenarnya setuju setuju saja saja, Ini menunjukkan bahwa dunia pendidikan itu dinamis. Jika dunia pendidikan  ingin terjebak dalam stagnasi, semangat perubahan perlu terus menerus dihembuskan. Saya berharap, kurikulum tak hanya perampingan materi ajar semata, tetapi harus dapat menjawab tantangan.

Dari sisi konsep, kurikulum 2013 cukup ideal untuk mampu melahirkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas otaknya saja, tetapi juga cerdas emosi, sosial dan spiritual. Hal itu tampak dengan materi nilai nilai karakter ke dalam pembelajaran. bukan  lagi sebuah titipan seperti kurkulum  sebelumnya. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan mengajak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru berdasarkan pengalaman belajar, lingkungAn  sekolah dan masyarakat

Jika perhatikan kurikulum kTSP yang berlaku sejak 2006 memang saatnya ada perubahan dan ada revisi, hanya masalahnya apakah kurikulum sebelumnya ( KTSP ) sudah ada evaluasi yang menyeluruh? apakah materi tidak sesuai lagi ? ataukah implementasinya kurang sesuai dengan harapan ?  sekolah  banyak yang menyiapkan diri dan menyongsong ujian nasional secara berlebih dengan mengabaikan materi non ujian nasional? atau ?

Jika memperhatikan ‘nasib’ kuriukulum  sebelumya (KTSP )saya lihat dari  sisi guru, masih banyak guru yang belum dapat memahami  kurikulum KTSP yang dimaksud. Hampir semua perangkat kurikulum masih banyak yang copypaste, implemnetasinya masih cenderung konvensional ( ceramah dan ceramah  dengan materi dari buku tertentu ditambah soal dari LKS yang bukan karyanya )           pembelajaran menekankan pada materi/ latihan ujian nasional.

Pertanyaan untuk kurikulum 2013, adalah sudahkah guru sabagai ‘aktor’ utama dalam implementasi kurikulum telah disiapkan dengan matang ?

Jauh sebelum kurikulum 2013 diberlakukan, semua guru yang tersebar di seluruh penjuru nusantara harus benar-benar diberdayakan. Mereka harus paham benar tentang substansi kurikulum dan bagaimana implementasinya.  . Mereka harus disapkan dengan matang, mulai dari penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian, analisis, hingga tindak lanjutnya.  Dan yang paling utama bagaimana  agar seorang guru tidak hanya menyiapkan materi untuk ujian akhir, tidak hanya mengadakan latihan dan latihan menghadapi ujian Nasional.

semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters
%d bloggers like this: